Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Desember 28, 2021, 19.39 WIB
Last Updated 2021-12-28T12:39:36Z
BirokrasiHeadline

77 Kades Terpilih Resmi Dilantik, Bupati Kuningan Titipkan 3 Hal Penting

Advertisement

JOURNALGAMAS.COM | KUNINGAN,-


Sebanyak 77 Kepala Desa (Kades) yang terpilih di Kabupaten Kuningan resmi dilantik oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. di Pendopo Setda Kuningan, Selasa (28/12/2021).

Dalam arahannya, Bupati menghimbau kepada para kades periode tahun periode tahun 2021-2027 yang baru saja dilantik, untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam penanganan kemiskinan hal itu dalam upaya untuk menekan dan mencegah stunting dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mampu menekan dan mencegah timbulnya stunting pada masyarakat desa sesuai dengan salah satu prioritas penggunaan dana desa.

“Saya titipkan tiga hal untuk fokus program para kades pertama pengolahan sampah yang baik di Desa, kedua segera membuat program pengentasan stunting dan yang ketiga terkait pendidikan, upaya-upaya tersebut merupakan bukti keseriusan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang harus kita dukung, karena pada dasarnya peran saudara sekalian menjadi Kepala Desa ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya itu, selain menitipkan tiga hal tersebut, bupati juga menyampaikan satu hal penting yang harus di lakukan dalam upaya untuk mewujudkan Desa maju, yang mana kepala desa harus mempunyai visi misi dan arahan bagi aparatnya maupun masyarakatnya.

”Guna mewujudkan visi dan misi tersebut, komunikasi intensif antara Kepala Desa dengan BPD dan Lembaga Desa serta berbagai komponen masyarakat lainnya harus senantiasa dilakukan oleh Kepala Desa, guna mendorong terciptanya sebuah pola pikir yang terintegrasi dan terarah bagi kemajuan desa dan daerah agar terciptanya karya baru untuk Desanya masing-masing,” ujarnya.

Dalam Pelantikan tersebut dihadiri oleh, Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M. Si. , Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. , Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy, SE. , Kapolres Kabupaten Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si. , Ketua Pengadilan Negeri Kuningan Ali Sobirin, SH., MH. , Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kuningan, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Yuana Ridho Suganda, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Kuningan Hj. Ella Dian dan undangan lainnya.

Sebelumnya, dalam pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2021 yang dilaksanakan tanggal 28 November lalu di Kabupaten Kuningan. Ada 78 Desa dari 30 Kecamatan, yang dilihat dari jenis kelamin terdiri dari 187 laki-laki dan 28 orang perempuan dan 9 orang perempuan dari 28 calon. Dan hari ini 77 Kepala desa terpilih dilantik dan ada satu kepala desa yang meninggal dunia sebelum dilantik yaitu Kepala Desa Babakan Mulya Kecamatan Cigugur, Oban Sobari. Dalam pelantikan tersebut Bupati Kuningan sempat melaksanakan doa bersama bagi almarhum Kepala Desa Babakan Mulya tersebut. (Red)