Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Januari 20, 2022, 13.25 WIB
Last Updated 2022-01-20T06:25:50Z
BirokrasiHeadline

ATR/BPN Kuningan Bekerjasama dengan Kodim 0615/Kuningan Laksanakan Pengangkatan Sumpah Panitia Tim PTSL

Advertisement

JOURNALGAMAS.CO. | KUNINGAN -

Dalam rangka melaksanakan program strategis nasional pertanahan, Kanwil ATR/BPN Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Kodim 0615/Kuningan laksanakan Pengangkatan Sumpah Panitia Ajudikasi, Satuan Tugas Fisik, Satuan Tugas Yuridis dan Satuan Tugas Administrasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2022, bertempat di Aula Kodim 0615 Kuningan, Jl. Raya RE. Martadinata Ciporang - Kuningan, Kamis (20/1/2022).

Ada sebanyak Tim PTSL dari unsur Babinsa, Kepala Desa dan unsur Kecamatan.

Dari jumlah pengangkatan sumpah panitia Ajudikasi, Satuan Tugas Fisik, Satuan Tugas Yuridis dan Satuan Tugas Administrasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tersebut diantaranya 50 Babinsa, 50 Kepala Desa dari 14 Kecamatan.

Kepala Kanwil ATR/BPR Kabupaten Kuningan, Surahman, ST., MH menyatakan, untuk mensukseskan program pemerintah dalam bidang pertanahan ini perlu adanya kerjasama dengan berbagai steakholder.

"Dengan dibentuknya tim PTSL ini, Insya Allah target pencapaian PTSL di Kabupaten Kuningan tahun 2022 bisa tercapai dengan bantuan Babinsa dan target dari presiden bahwa tahun 2024 tidak ada sejengkal tanah pun yang belum bersertifikat," ungkap Surahman.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kuningan H. Acep Purnama atas dukungannya kepada Kantor Pertanahan Kuningan dalam melaksanakan program strategis nasional pertanahan.

"Dan, kepada Dandim 0615 Kuningan yang telah mengijinkan anggotanya dalam hal ini Babinsa untuk terlibat dalam program pertanahan di Kabupaten Kuningan. Menurut informasi dari pejabat kementrian terkait, bahwa baru di Kabupaten Kuningan yang melibatkan Babinsa dalam program PTSL ini," ucapnya.

Surahman menegaskan, agar para petugas yang sudah disumpah bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan tidak melanggar aturan yang sudah ditentukan. "Bagi petugas yang melanggar aturan, itu akan ditanggung oleh masing-masing individu. Mudah mudahan cita cita pemerintah daerah maupun pemerintah pusat bisa tercapai," tegasnya.

Sementara itu, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan sangat mendukung program BPN yang melibatkan Babinsa. "Kepada para Babinsa yang terlibat dalam tim agar dapat membantu BPN untuk mensukseskan program PTSL, jangan sampai melanggar sumpah yang sudah diucapkan," kata Dandim Kuningan.

Senada dengan Dandim, Bupati Kuningan H. Acep Purnama berharap dengan dilibatkannya Babinsa dalam program ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa mencapai target dengan cepat. "Alhamdulillah, hari ini saya salut dan bangga telah dikukuhkan dan di sumpahnya tim program PTSL. Dan perlu diketahui sumpah ini bukan cuma didepan manusia tapi didepan Tuhan Yang Maha Esa yang akan dimintai pertanggungjawaban dunia akherat," ungkap Bupati.

Dengan dikukuhkannya tim PTSL ini, Bupati juga berharap agar program ini bisa dilaksanakan sesuai harapan. "Apabila program ini sukses berarti kita sudah mensukseskan program pemerintah dalam bidang pertanahan dan setelah dilantik ini mulai besok sudah mulai bekerja dan target 75.000 bidang sertifikat bulan Mei bisa selesai 100%," pungkasnya. (RIS)