Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Januari 01, 2022, 10.26 WIB
Last Updated 2022-01-01T03:26:11Z
BirokrasiHeadline

Bupati Cirebon Lantik 135 Kuwu, Kades Banjarwangunan Sulaiman Siap Jalankan Amanah

Advertisement

JOURNALGAMAS.COM | CIREBON.-


Sebanyak 135 kuwu yang terpilih dalam ajang Pemilihan Kuwu (Pilwu) tahun 2021 serentak di Kabupaten Cirebon resmi dilantik.

Pelantikan tersebut secara langsung dilakukan Bupati Cirebon, IDrs. H. Imron, M.Ag di Radiant Hotel, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Jumat (31/12).

“Selamat kepada kuwu yang baru saja dilantik. Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah berpartisipasi dengan baik dalam pemilihan kuwu. Meskipun di masa pandemi Covid-19 ini tetap patuh dalam menjaga protokol kesehatan,” kata Bupati Cirebon Imron Drs. H. Imron, M.Ag.

Regulasi pemerintah desa terus mengalami perubahan yang positif. kata Imron, “Desa telah diberikan kewenangan yang begitu besar. Baik kewenangan yang berdasarkan hak, asal usul desa maupun kewenangan lokal,” ucapnya.

Ia meminta, untuk penyelenggaraan pemerintahan desa yang bersih dan berwibawa harus ditopang dengan sumber daya manusia yang handal serta mengedepankan peran rakyat dalam aspek kehidupan.

“Saya minta kuwu yang baru saja dilantik dapat merangkul dan bekerja sama dengan Badan Permusyawaratan Desa. Tujuannya untuk membahas dan menyepakati berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, termasuk dengan lembaga kemasyarakatan lainnya sesuai tugas pokok dan fungsinya,” ujar Imron.

Imron mengungkapkan, untuk menampung kehendak rakyat yang beragam dibutuhkan sikap bijaksana serta kebesaran jiwa dalam menerima keputusan akhir.

“Mulai hari ini kalian sudah mengemban tugas dan kewajiban untuk memikul tanggung jawab sebagai pimpinan pemerintahan desa. Serta ikut berperan aktif dalam memajukan desa,” tutupnya.


Ditempat terpisah, dikatakan salah satu Kepala Desa Banjarwangunan, Sulaiman saat dimintai tanggapan terkait dimana telah dilantiknya sebagai kepala Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu tersebut, dirinya mengungkapkan,, terimakasih banyak kepada masyarakat Desa Banjarwangunan sebagaimana telah memilih saya dalam pemilihan kuwu kemarin, alhamdulilah rasa bangga dan haru yang sekarang rasakan mudah-mudahan saya bisa mengemban amanah ini dengan baik dan bisa mengabdi kepada masyarakat, ucapnya

Dan seperti apa yang tadi disampaikan oleh bupati Cirebon bahwa bagi kepala desa yang baru dilantik harus bisa merangkul semua dan bekerjasama dengan BPD dan lembaga lainnya tidak hanya itu bapak bupati juga meminta SDM para perangkat sebisa mungkin harus handal dalam mengedepankan peran rakyat. Semoga dengan jabatan yang saya pegang ini bisa menjadi harapan para warga desa Banjarwangunan kedepan karena sebagaimana visi misi saya adalah Membangun desa bersama masyarakat dengan menjadikan desa maju, sejahtera dan berkeadilan. tutur Sulaiman (Mul)