Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Januari 14, 2022, 20.43 WIB
Last Updated 2022-01-14T13:43:03Z
EksosbudHeadline

Launching Kios Bumdes Mapag Sejahtera Desa Pagundan Adakan Santunan Anak Yatim

Advertisement

JOURNALGAMAS.COM | KUNINGAN,-


Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) menjadi bagian elemen dalam meningkatkan tingkat perekonomian di skala Pedesaan.

Adanya Bumdes nyatanya memberikan ruang bagi masyarakat dalam meningkatkan nilai pendapatan taraf hidup. Seperti halnya Pemerintahan Desa Pagundan Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan dalam melaksanakan program Bumdes pihak Desa membangun beberapa kios yang berlokasi di depan Balai Desa Pagundan.


Dari Kios-kios yang telah di bangun untuk program Bumdes tersebut kini telah beroperasi dan dilaunching.

Ketua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mapag Sejahtera Desa Pagundan, Nurwanda, ST saat di wawancarai journalgamas.com, Kamis (13/01/22) dirinya mengatakan, dalam rangka beroperasinya kios desa, kami pihak Bumdes terutama Pemerintahan Desa Pagundan mengadakan launching dan santunan anak yatim hal ini dilakukan sebagai ucap syukur atas beroperasinya kios desa yang berlokasi di alun-alun Desa Pagundan ini.

"Awalnya launching dan santunan anak yatim ini akan di selenggarakan pada bulan Desember tahun 2021, akan tetapi baru bisa di selenggarakan hari ini, Kamis 13 januari 2022" ucap Nurwanda

Kegiatan ini juga tujuannya selain mengharapkan keberkahan Allah Swt dari do'a-do'a anak yatim tersebut, kita juga sekaligus mengenalkan apa itu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan program kerja BUMDES.


Kegiatan ini didanai dari hasil pendapatan BUMDES, sebagaimana dari hasil sewa kios tersebut dialokasikan sebesar 10% dari pendapatan santunan untuk 26 orang anak yatim ditambah dari donatur juga yaitu dari ibu kepala desa pagundan, ujar Nurwanda

"Semoga dengan adanya bumdes ini bisa lebih berkembang lagi kedepan dan tidak terlepas adanya dukungan dari pemerintah desa sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat" Harapnya.

Di tempat yang sama, H. Dadan Danu selaku Kepala Desa Pagundan menerangkan, Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) ini dibekali modal sebesar 135 juta dan itu diambil dari Dana Desa DD untuk modal usaha dan pembangunan kantor Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan itu juga ada rencana membeli mesin molen dll, untuk bisa di sewakan kepada masyarakat. Desa juga sudah mengalokasikan ke Badan Usaha Milik Desa BUMDES Mapag Sejahtera, terang Kepala Desa

Untuk jenis kegiatan usaha, kata Dadan. Itu ada berjenis kuliner dan pemasaran UMKM produk lokal seperti kripik, ubi ungu, tempe dll. Dan yang berjualan juga masyarakat lokal setempat. Selain produk-produk tersebut juga kita diadakan juga pasar malam, dan berlangsung setiap malam selasa.

"Alhamdulillah meskipun baru berjalan dua bulan BUMDES sudah bisa melakukan kegiatan launching dan santunan anak yatim. Kami dari pemerintah desa mendukung sepenuhnya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat". Pungkasnya. (RIS/RHM)