Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Februari 28, 2022, 10.15 WIB
Last Updated 2022-02-28T03:15:03Z
EksosbudHeadline

Cara Unik Warga Desa Pajambon Memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Advertisement

JOURNALGAMAS.COM | KUNINGAN,-


Setiap tanggal 27 Rajab umat Islam memperingati Hari Isra Miraj. Isra Miraj merupakan dua bagian perjalanan khusus yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Saat itu Nabi Muhammad melakukan perjalanan bersama dengan Malaikat Jibril diawali dari Masjidil Haram di Mekkah menuju ke Masjidil Aqsa di Yarusallem.

Banyak kegiatan atau acara yang diselenggarakan sebagian umat Islam dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, tak terkecuali yang dilakukan warga desa Pajambon Kecamatan Karamatmulya yang datang dari berbagai kelompok Peserta yaitu Ikatan Remaja Mesjid (Irmas), Karangtaruna serta kelompok pemuda lainya dengan menggelar suatu kegiatan unik yaitu dengan menggelar istighosah dan shalawatan sekaligus ziarah ke makam Karuhun atau buyut desa Pajambon.

"Mumpung para peserta lagi pada kompak, daraek diajak eling (mau diajak sadar,red) jadi tidak ada salahnya konsep peringatan Isra Mi'raj tahun ini kita agendakan seperti ini, dan alhamdulilah responnya sangat luar biasa bagus ya terbukti banyak peserta yang mengikuti kegiatan ini," tutur Enra Saefullah selaku Ketua DKM sekaligus Kordinator bidang Keagamaan Karangtaruna Arya Kamuning Desa Pajambon.

Enra menuturkan, secara pribadi dirinya merasa sangat bangga, dengan kekompakan para pemuda yang ada didesa Pajambon yang masih Peduli dan mau ikut napak tilas, Enra berharap melalui Agenda 27 rajab napak tilas / ziarah ke smua buyut/ sesepuh Desa Pajambon para pemuda dapat mengambil pelajaran serta mengetahui sebagian kecil tentang sejarah Desa.

"Meski dilaksanakan dengan cara singkat yaitu sekitar 4,5 jam namun kegiatan ziarah keseluruh makam buyut ini sangatlah berkesan, jujur baru kali ini saya bisa mengikuti kegiatan seperti ini dan saya sangat senang sekali,semoga ini akan menjadi agenda rutin tahunan,"tutur Indra salah seorang peserta.

Sementara itu Kepala Desa Pajambon Dra. Nani Ariningsih disela kegiatan mengatakan, atas nama pemerintah desa Pajambon pihaknya sangat merespon baik dan mendukung penuh kegiatan yg dilaksanakan Ikatan Remaja Mesjid (Irmas), Karangtaruna serta kelompok pemuda lainya, bahkan sebagai bentuk dukungan pihaknya rela membelikan kopeah untuk seluruh peserta bahkan secara secara langsung Kepala Desa Pajambon melakukan langsung pemakaian kopeah kepada seluruh peserta sebagi bentuk dimulainya kegiatan.(RIS)