Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
April 26, 2022, 12.13 WIB
Last Updated 2022-04-26T05:13:40Z
HeadlineHumaniora

Ramadhan 1443 H, BARAYA85 Bagikan Ratusan Paket Sembako kepada Yatim dan Dhuafa di Cigandamekar

Advertisement

JOURNALGAMAS.COM | KUNINGAN,-

Romadhon tahun 1443 H tidak terasa akan segera berakhir, kini telah memasuki di sepuluh hari akhir Romadon. Banyak pesan untuk meningkatkan amalan ibadah kita di sepertiga akhir romadon ini, baik amalan solat sunah, berzikir, mengaji alquran, itikaf dan tentunya juga sodakoh serta amalan baik lainnya. Semua hal tersebut kita lakukan agar memperoleh derajat diridhoi Allah swt, menjadi bagian orang yang bertaqwa.

Baraya Dalapan Lima, memiliki program yang seolah telah menjadi tradisi saat Romadhon tiba yakni dengan mengisi kegiatan Romadhon Baraya85 Berbagi. Hal tersebut telah dilaksanakan dalam empat tahun terakhir, kegiatan berupa pembagian sembako untuk yatim dan dhuafa di seputar kecamatan Cilimus dan Cigandamekar. Adapun paket sembako senilai 120 ribu, berupa beras premium 5kg, minyak goreng 1 liter, teh, gula 1kg, dan mie instan. Adapun paket yang disebar tahun ini sebanyak 180 paket.

Untuk tahun ini selain Romadon Baraya85 Berbagi, ada tambahan yakni berbagi paket buka puasa yang berjalan sejak awal Romadon sampai dengan terakhir hari ke 20 puasa. Paket disebar sekitar tempat kegiatan Yayasan di Cilimus. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali, dan meneruskan program Jumat berkah yang sudah berjalan sebelumnya. Jumlah paket yang disebar setiap hari nya ada berjumlah 40 paket seharga 15 ribu.


Sebagai pelaksana kegiatan tahun ini, Suardi menyampaikan, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada segenap partisipan yang telah ambil bagian, mudahan menjadi ladang pahala dan mendapat rido allah swt. 

Hal lain lagi disampaikan bahwa, ditengah situasi krisis minyak goreng di tengah warga saat ini, pemberian ini yang salah satu item nya adalah minyak goreng menjadi sangat spesial sekali. Banyak ekspresi warga penerima yang terlihat bahagia karena adanya minyak goreng tersebut.

Ada 14 desa yang menerima bantuan bagi warganya, dengan kordinator insan baraya yang ada di desa tersebut. Memang jumlah demikian akan menjadi tidak sebanding dengan luasan yang ada dan calon penerima nya. Tetapi ini menjadi bagian dari upaya kami dalam berbagi dengan masyarakat sekitar.

Ditambahkan oleh ketua Yayasan Baraya Dalapan Lima, Yayan Henri Danisukmara, M.Si bahwa untuk kegiatan Romadon Baraya85 berbagi, alhamdulillah dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan baik dari segi jumlah paket maupun isi paketnya. Tidak lain karena peranan para donatur yang semakin meningkat. Juga hal ini telah disinergikan dengan usaha pemberdayaan Yayasan Baraya85, yang telah membentuk koperasi. Sehingga pemenuhan dalam penyediaan barangnya dilaksanakan oleh koperasi.

Ditambahkan Ketua Yayasan Baraya85, mengingatkan di tahun depan Baraya85 memiliki agenda besar yakni Baksos berupa Sunatan massal yang merupakan kali ke lima di tahun 2023, yang insyaallah akan terlaksana di bulan Oktober 2023 dan dengan peserta sekitar 85 anak. Semoga Indonesia tetap damai dan dapat melalui krisis dengan baik, dan mendapat rahmat serta lindungan dari Allah swt selalu. (RIS)