Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
April 01, 2022, 22.03 WIB
Last Updated 2022-04-01T15:19:29Z
EksosbudHeadlineMuslim

Semarak Pawai Obor di Desa Susukan, Sambut Bulan Ramadhan 1443 H

Advertisement

JOURNALGAMAS.COM | KUNINGAN,-


Menjelang tiba bulan suci ramadhan warga Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan, melakukan kegiatan pawai obor pada Jumat (01/04/2022) sekitar pukul 18:30 WIB.

Pawai obor yang diikuti oleh anak anak, remaja hingga orang dewasa tersebut dimulai dengan mengambil star dari MD Al Husna Rt 004 Dusun Wage Desa Susukan dan menuju lokasi wisata dusun puhun, pahing, manis dan kaliwon, secara estapet lalu keliling menuju ke kawasan perkampungan warga dan berakhir di halaman mesjid jami Al Futuwah Desa susukan.


Nampak terlihat ratusan warga yang membawa rumah Obor dan diiringi alunan musik gembring sambil mengumandangkan shalawat nabi muhamad begitu terasa suasana kemeriahan bulan ramadhan.

Tak hanya itu, peserta juga ada yang beratraksi dengan menyemburkan minyak tanah dari mulutnya ke obor yang di bawanya.


Kepala Desa Susukan Toto Ciptarasa saat di konfirmasi journalgamas.com, pawai obor gabungan dari setiap dusun ini merupakan acara yang digelar untuk menyambut kedatangan bulan suci ramadhan. Pawai obor ini juga dinilai sebagai wadah silaturahmi antar warga Desa Susukan.

"Kita tetap melakukan protokol kesehatan, meskipun sudah sedikit aman, tapi tetap harus patuhi prokes" ujar Toto.

Ditambahkan Kasi Pelayanan Desa Susukan, Aad Adnali, Alhamdulillah antusias warga begitu banyak yang mengikuti, ada sekitar 500 warga yang ikut memeriahkan atau menyambut bulan suci ramadhan ini.

"harusnya kemarin pawai obor dilaksanakan cuman karena kemarin kendalanya hujan jadi kita laksanakan malam ini.

Aad pun mengharapkan dan berpesan kepada seluruh warga Susukan selama bulan suci ramadhan perbanyaklah beribadah, seperti halnya tadarusan, pesantren kilat dan kegiatan lainnya. Mari kita sambut bulan suci ramadhan dengan keridhoan Allah SWT, Terangnya.


Di tempat terpisah Kusnenda SE, selaku Ketua MD Al Husna di dampingi Kepala Dusun wage Ohan Johan serta Rt Tiwong selaku Ketua Rt 004 Dusun Wage Desa susukan mengungkapkan,

Pawai obor ini di laksanakan sebagai kegiatan rutin tahunan MD Al husna dusun wage dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan dan bergabung dengan dusun dusun lainnya dan di bantu juga oleh paguyuban pemuda pemudi Dusun Wage atau sindang jawa.

Acara pawai obor ini melibatkan semua unsur, dimulai dari pemerintahan Desa, BPD, LPM, Karangtaruna, Linmas,Rt,/Rw, DKM, Ikatan remaja mesjid (IRMAS), Bahkan imam-imam mushola pun ikut meramaikanya.Pungkasnya.(RIS).