Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Juni 19, 2022, 19.56 WIB
Last Updated 2022-06-19T12:56:02Z
HeadlineHumanioraMuslim

Yayasan Nurul Hikmah Babakanmulya Jalaksana Siap Cetak Santri Tangguh dan Berahlak Mulia

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Puncak peringatan Milad Yayasan Nurul Hikmah yang berada di Dusun Cantilan Desa Babakakan Mulya Kecamatan Jalaksana berlangsung meriah. Di ulang tahunnya yang pertama, Minggu (19/6/2022) berbagai kegiatan diadakan yayasan yang berdiri pada tahun 2010 itu, diantaranya pentas Seni islami,tahfidz Juz Ama dan santunan anak yatim dan lansia yang dihadiri oleh pengurus yayasan Nurul Hikmah,perangkat Desa Babakan Mulya serta orang tua santri.

Selain mengadakan berbagai lomba, diulang tahunya yang pertama yayasan Nurul Hikmah mengumumkan kelulusan santri gelombang pertama dimana sedikitnya 70 santri yang terdiri dari Pendidikan Anak Usia Dini Qur'an Umum (PAUDQU) 20 orang santri, Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) 30 orang santri serta Diniyah 20 Orang santri .

Kaur Kesra Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana Admin mengatakan, Pendidikan santri TPQ adalah salah satu pendidikan yang tepat, yang membawa misi penting bagi santrinya untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Qur’ani sejak dini kepada anak-anak, menurutnya membangun pendidikan anak tidak hanya dilakukan melalui jalur formal, tapi harus diimbangi dengan pendidikan keagamaan sejak usia dini seperti TPQ.


Ditempat yang sama, Hambali selaku perwakilan dari KUA Kecamatan Jalaksana dalam kesempatan itu menyampaikan, agar masyarakat harus berperan aktif dalam mengembangkan sekolah-sekolah non formal karena pendidikan non formal merupakan dasar bagi anak-anak dalam membentuk karakter sesuai syariat Islam.

Menurutnya Peran aktif orangtua dan lingkungan harus terus ditingkatkan.

"Semoga di miladnya yang pertama ini yayasan Nurul Hikmah dapat tumbuh dan berkembang sekaligus dapat mencetak generasi penerus yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Memberikan pengajaran membaca Alquran sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia dini sangat penting agar mereka memiliki kesiapan ketika memasuki tingkat pendidikan lebih lanjut," harap Hambali

Sementara itu salah satu orang tua santri Nurdin.S.Pd saat ditemui disela kegiatan dirinya mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya langkah yayasan Nurul Hikmah, ia berharap semoga apa yang telah santri dapatkan ketika menimba ilmu di yayasan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal membaca, menulis, menghafal dan mengamalkan kandungan isi Al-Qur’an. (RIS)