Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Juli 30, 2022, 13.05 WIB
Last Updated 2022-07-30T06:05:25Z
BirokrasiHeadlineMuslim

1 Muharram Pemkab Kuningan Gelar Doa Bersama di Masjid Syiarul Islam

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Menyambut Tahun Baru Islam Muharram 1444 H, Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar doa Bersama di akhir tahun dan awal tahun di Masjid Syiarul Islam, Jumat (29/7/2022) malam.

Dalam sambutanya Bupati Kuningan H. Acep Purnama.SH.MH mengatakan, saya merasa bahagia dan bangga karena kita dapat berkumpul kembali dalam acara do’a bersama renungan akhir tahun 1443 hijriyah dan awal tahun 1444 hijriyah di masjid agung yang kita cintai dan kita banggakan ini, semoga awal yang baik ini dapat mengisi gerak langkah kita dengan amalan yang lebih baik di hari-hari mendatang serta keberkahan kita juga bertambah.

Terasa hangat sekali kalau masjid ini dapat difungsikan untuk memperkuat lambang dan syiar agama, lebih utamanya lagi dalam penyambutan awal tahun baru hijriyah sebagai kalender resmi milik umat islam. terdapat banyak momentum untuk menegakkan syiar islam, akan tetapi filosofi hijriyah hendaknya ditanamkan sebagai langkah awal meletakan perubahan untuk semakin menguatkan gerakan AMAR MA'RUF NAHYIL MUNKAR dengan cara meluaskan Kegiatan seperti seminar keagamaan,pengajian serta ruang dakwah melalui jalur-jalur yang akrab dan mudah diterima dengan kondisi umat dewasa ini.


Titik tolaknya atau daya dorongnya dengan menyimak makna mendalam yaitu berupa, peristiwa besar hijrahnya nabi besar kita,nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam 15 abad yang lalu, dari kota suci mekkah menuju madinah. “ dari peristiwa hijrah nabi, kita bisa mengambil hikmah yaitu adanya sebuah proses peralihan sikap dan strategi dalam mengemban misi dakwah agama secara lebih terencana bermartabat, santun, strategis dan aplikatif”.Tutur Bupati Acep.

Selanjutnya Bupati, harus kita kaji dan pahami bahwa nilai yang terkandung dari perjalanan hijrahnya nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam relevan dengan dinamika masyarakat kita yang dewasa ini sedang berkiprah dalam perbaikan untuk membangun tatanan masyarakat dalam koridor yang berakhlakul karimah, dinamis dan produktif.

Oleh karena itu, saya merasa bersyukur dan berbangga hati, bahwa denyut menyambut tahun baru islam 1 muharram 1444 hijriyah, didalamnya diisi dengan berbagai kegiatan positif dan bersifat islami yaitu acara renungan istigosah dan doa bersama,dan yang terpenting evaluasi ketakwaan tuturnya.


Masih di katakan Bupati Acep rintisan program pengisian tahun baru hijriyah ini alhamdulillah dapat berlangsung sepanjang tahun. sebagai bukti bahwa kita sangat mencintai kebiasaan mengagungkan tanda-tanda kebesaran allah, sebagaimana disinggung dalam al-qur’an yang artinya :

“barang siapa mengagungkan tanda-tanda kebesaran allah, itu adalah bagian dari kuatnya ketaqwaan dalam hati seseorang"

Yang pada dasarnya pengisian kegiatan tahun baru hijriyah, jelas memberikan motivasi, agar masyarakat khususnya kita semua memiliki tingkat pendalaman dan keagamaan yang kuat, seimbang dengan keilmuan dan perilaku kesalehan sosialnya.

Hikmah lainnya diharapkan dapat memupuk kreativitas dan mendidik umat untuk selalu inovatif, kemudian implementasinya diterapkan dalam konteks peningkatan kualitas jati diri yang tangguh dan menjadi panutan di keluarga, masyarakat dan pemerintah. untuk kemudian siap memulai tugas-tugas dakwah islamiyah dengan berpedoman kepada wahyu allah dan sunnah rasul, sambung Bupati Acep.

Hanya dengan dasar agama dan takwa kita yang kuat, masyarakat akan terlindungi dari semua hal yang dapat mendatangkan kemudharatan dunia dan akhirat, sehingga pada tempatnya saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas terselenggaranya acara do’a bersama pada akhir tahun 1443 hijriyah dan awal tahun 1444 hijriyah. Semoga Allah SWT., senantiasa memberikan petunjuk dan perlindungan kepada kita dalam menjalankan setiap pekerjaan dan aktivitas kita. semoga di tahun 1444 hijriyah ini kita semua diberikan keberkahan dan juga kelancaran dalam segala urusan. aamiin yaa robbalalamin” Pungkasnya (RIS)