Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Juli 31, 2022, 16.53 WIB
Last Updated 2022-07-31T09:53:52Z
HeadlineHumanioraMuslim

Peringati Tahun Baru Hijriyah 1444 H Wabup Kuningan lepas Pawai Ta'aruf

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-


Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Gelar Pawai Ta'aruf Memperingati Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Minggu (31/7/2022) pagi.

Ratusan Pelajar dari seluruh tingkatan pendidikan itu mengikuti pawai tersebut,yang dilepas langsung oleh Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda,SH.,M.Si,dimulai star dari halaman Setda Kabupaten Kuningan,dan disaksikan oleh Camat Kuningan Didin Bahrudin,S.Sos.,M.Si,serta Ketua BKPRMI DR.Insan Nuryaman,M.Pd,beserta para tamu undangan lainya.

Sebelum melepas para peserta pawai, Wabup Ridho menyampaikan, penanggalan islam dan penetapan tahun hijriyah didasarkan pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Suci Mekkah ke Kota Madinah. Adapun nilai yang terkandung dari peristiwa tersebut, dikatakan Wabup, sangat relevan dengan dinamika masyarakat yang sedang berkiprah di era reformasi untuk membangun tatanan masyarakat madani yang rapih winangun kerta raharja,Sangat relevan sekali, peringatan tahun baru islam ini dijadikan momentum bagi segenap kaum muslim untuk mengevaluasi diri, memperbaiki diri, dan hijrah menuju kebaikan sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Selain itu, tahun baru islam juga, merupakan sarana untuk memperkokoh ukhuwah islamiyah,supaya keberkahan juga bertambah.Ujarnya.

Dalam memperingati tahun baru hijriyah Wabup mengajak,hendaknya tidak diperingati seperti tahun baru masehi yang banyak berpesta pora, Melainkan diperingati dengan kegiatan yang mengedukasi masalah agama,syiar keagamaan,evaluasi ketakwaan, membangun diri menjadi lebih baik kedalam hal yang positif, serta berbagi antar sesama

Dengan pondasi agama yang kuat, masyarakat akan terlindung dari semua hal yang buruk mendatangkan kemudharatan dunia dan akhirat. Untuk itu, saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas sumbangsih kegiatan yang sangat berharga ini,”Tutur Wabup

Ditempat yang sama, Ketua BKPRMI menjelaskan, Pawai Ta’aruf ini diikuti dari seluruh kalangan pelajar dari berbagai tingkatan pendidikan yang ada di Kabupaten Kuningan, dimulai dari TKA/TPA, SMP, SMA/SMK/MA, yang dimulai star dari Halaman Setda Kab. Kuningan lalu Finish di Halaman Masjid Syiarul Islam.

Dan Alhamdulillah, para peserta yang mengikuti pawai sangat antusias. Awalnya kita menargetkan peserta yang ikut 500 orang, namun pada pelaksanaanya hari ini jumlah peserta melebihi target yang di tentukan, Selain pawai, di lokasi Finish juga akan diadakan lomba hadroh. Pungkasnya (RIS)