Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Agustus 08, 2022, 21.18 WIB
Last Updated 2022-08-08T14:19:23Z
HeadlineMuslim

Jemaah Mushola Al-Mutholib Desa Susukan Gelar Debaan dan Doa Bersama

Advertisement


KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-



Bulan Muharram adalah bulan pertama di tahun Hijriah dan merupakan salah satu bulan yang dianggap mulia, di mana keistimewaannya tercatat dalam Al-Qur'an bersama tiga bulan lainnya: Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Tepatnya Hari Senin ini ternyata jatuh pada tanggal cantik. Mengapa demikian, karena hari ini merupakan tanggal 8 Agustus 2022 yang bertepatan dengan Hari Asyura 10 Muharram 1444 H.

Tahun Baru Islam atau tahun baru Hijriah diperingati dengan berbagai macam macam kegiatan, seperti jemaah Mushola Al -Mutholib Desa Susukan yang bertempat di dusun pahing Rt.002 Rw.003 menyelenggarakan kegiatan yang sangat sederhana yaitu dengan melaksanakan debaan dan doa bersama, Senin (09/08/2022) malam.

Sebelum acara dimulai Ustad Aad Adnali menyampaikan tausiyah kepada para jemaah Mushola AL-Mutholib, bahwa di bulan Muharram ini Nabi kita Nabi Muhamad SAW hijrah dari mekah ke madinah, dari peristiwa hijrahnya nabi kita bisa mengambil hikmahnya, banyak juga amalan yang harus diamalkan. Salah satunya istigosah, tabligh akbar, doa bersama, debaan serta santunan anak yatim piatu karena dibulan Muharram ini adalah lebarannya anak yatim piatu dan siapapun yang mengusap kepala anak yatim (mengasihi anak yatim dengan cara di santuni dan yang lainya) maka Allah SWT akan mengangkat satu derajat dari setiap helai rambutnya, terangnya

Selain itu, ada juga yang harus dilakukan yaitu puasa Asyura, barang siapa yang berpuasa di hari Asyura (10 Muharram) maka orang itu akan diberi pahala layaknya 10 ribu orang haji dan umroh, dan siapapun yang melapangkan (memberi nafkah atau harta yang banyak kepada keluarganya (Istri, anak, dan orang yang wajib dinafkahi) maka orang tersebut akan diberi kelapangan rezeki (banyak rezeki, dan harta) sepanjang tahun itu, ujar Ustad Aad

Untuk itu, "mari bersama sama kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT semoga di bulan muharram ini apa yang kita lakukan dalam segi hal yang positif mendapat keberkahan dan ridho dari Allah SWT". Ajaknya (RIS)