Journal Gamas

Label


lisensi

Redaksi
Agustus 03, 2022, 18.58 WIB
Last Updated 2022-08-03T11:58:36Z
BirokrasiHeadline

Ridho Suganda : Berkomunikasi lah dengan sebaik mungkin agar kritik-saran atau masukan dapat tersampaikan

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Wakil Bupati Kuningan H.M Ridho Suganda, SH,.M.Si, memberikan arahan pada kegiatan Penguatan Mutu Ormas, Organisasi Profesi, dan LSM yang diselenggarakan Oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) Kabupaten Kuningan yang bertempat di Aula Wisma Pepabri Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Rabu (3/08/2022).

Dalam sambutanya Wabup menyampaikan, bahwa Pembangunan yang berkelanjutan tidak cukup hanya menjadi peran pemerintah saja, namun keterlibatan langsung masyarakat dalam sejumlah aksi juga menjadi harapan terwujudnya pembangunan.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), merupakan wadah partisipasi masyarakat yang didirikan secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, maupun tujuan. Oleh karena itu LSM dan Ormas memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Tutur Wabub dalam arahannya

"Pembangunan tidak mungkin dilakukan sendiri oleh pemerintah saja, dibutuhkan juga partisipasi dan dukungan seluruh elemen, termasuk LSM maupun Ormas,” ujarnya 

Lanjutnya, Sebagai organisasi maupun lembaga yang hidup dan berkembang di Indonesia, dalam setiap gerak dan aktivitasnya, LSM dan Ormas harus menjunjung tinggi Pancasila serta azas yang berlaku di masyarakat berupa budaya, adat, dan etika.

Hal ini berlaku pula dalam setiap menyampaikan pendapat, masukan, maupun kritikan terhadap suatu permasalahan. Semua proses tersebut membutuhkan penyampaian yang baik dan sesuai dengan ketentuan hukum serta nilai yang berlaku dalam masyarakat.

Kunci dan kesuksesan pembangunan Ormas/LSM adalah sebagai wadah aspirasi masyarakat yang santun dan beretika dengan cara menjalin komunikasi baik.

"Berkomunikasi lah dengan sebaik mungkin, agar kritik/saran maupun masukan dapat tersampaikan dengan tetap menjaga kondusifitas, karena sangat dibutuhkan dalam proses berlangsungnya suatu pembangunan", pintanya

Dengan hadirnya LSM dan Ormas, ia pun berharap dapat menjadi mitra strategi pemerintah daerah dalam pembangunan, dan menjadi motor penggerak bagi terlaksananya suasana kondusif dalam pembangunan daerah.

"Seluruh LSM dan Ormas yang ada di Kabupaten Kuningan untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah, serta selalu menjaga keamanan, ketentraman, dan kedamaian demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera selaras dengan visi KUNINGAN MAJU (Makmur, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa Tahun 2023)" harapnya

Kegiatan ini diikuti oleh 53 LSM dan Ormas di wilayah Kabupaten Kuningan,dan dihadiri oleh Kepala Bakesbangpol Kab. Kuningan DR. H. M Budi Alimudin, SE., M.Si beserta jajaran dan tamu undangan lainnya. (RIS)