Journal Gamas

Label


lisensi

September 17, 2022, 22.43 WIB
Last Updated 2022-09-17T15:43:02Z
HeadlineOlahraga

Kembangkan PSHT Di Ruang Lingkup Sekolah, PSHT Kuningan Sosialisasi Ke SMKN 3 Kuningan

Advertisement


KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Pencak silat merupakan salah satu hasil budaya bangsa Indonesia yang memiliki unsur seni beladiri olahraga dan unsur mental spiritual.

Salah satu organisasi pencak silat yang masuk kepada dua unsur tersebut diantaranya Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Sebagaimana organisasi ini mempunyai tujuan melestarikan dan mempertinggi seni olahraga pencak silat.

Guna terus melestarikan dan meningkatkan pengembangan program latihan, PSHT Cabang Kuningan pada Jumat (16/9/2022) adakan kegiatan Demontrasi dan sosialisasi di SMKN 3 Kuningan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan PSHT di tingkat ruang lingkup sekolah.

Dalam gelaran demonstrasi dan sosialisasi dari tim PSHT cabang Kuningan tersebut disambut baik oleh pihak sekolah bahkan antusias para pelajar SMKN 3 Kuningan untuk menyaksikan gelaran seni pencak silat tersebut disambut meriah.

Disampaikan Kepala sekolah SMKN 3 Kuningan, Drs. Lili Ramli, M.Kom melalui Wakasek Bidang Kesiswaan, Nandar Sumana, S.Pd mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini.

"Saya secara pribadi dan mewakili pihak sekolah sangat mengapresiasi adanya kegiatan yang positif ini karena cukup bisa kita lihat anak-anak atau para siswa ikut hadir menyaksikan demontrasi yang dilakukan oleh pihak PSHT ini", Ucapnya

Kegiatan ini bagus dan bermanfaat bagi para peserta didik dan mudah-mudahan bisa dilanjutkan lagi sosialisasi ini kepada sekolah-sekolah yang lainnya dan mengenai program kedepan sebagaimana terkait program kegiatan PSHT yang bisa di aplikasikan di sekolah, kita kemungkinan akan berkordinasi dahulu dengan pihak sekolah terutama dari bapak kepala sekolah apakah ini bisa dijadikan program ekstrakurikuler, yang jelas keputusan nanti ada di kepala sekolah, terangnya

Sementara dikatakan Ketua PSHT Cabang Kuningan, Hendrawan ND yang akrab disapa Lindu mengungkapkan, di tahun 2022 ini kita akan terus berusaha mengembangkan PSHT di Kabupaten Kuningan dengan melakukan program pengembangan di tingkat sekolah yang nantinya program pengembangan ini akan menjadi program ekstrakurikuler para siswa.

Tidak hanya itu, adanya sosialisasi yang kita laksanakan ini, insyaallah akan terus dilaksanakan dibeberapa sekolah di Kabupaten Kuningan, dan setelah kegiatan yang kita laksanakan di sekolah SMKN 3 Kuningan ini kita akan lanjut ke sekolah-sekolah lainnya. Ini juga sebagai tujuan kita untuk terus melakukan pemekaran sebagaimana di Kuningan sendiri sudah ada enam ranting.

"kita akan membidik anak-anak muda untuk dijadikan atlit berprestasi. Di tahun kemarin juga alhamdulilah PSHT mendapatkan juara umum di ajang Indonesian Open", ujarnya

Lanjutnya, dalam pengembangan PSHT Cabang Kuningan itu dimulai pada tahun 2012 dan alhamdulilah sampai dengan sekarang ada 500 warga yang masuk PSHT Cabang Kuningan. Dan bagi warga yang ingin ikut gabung bisa langsung datang ke sekretariat PSHT Cabang Kuningan yang berada di Griya Nuansa Lestari Ancaran Kabupaten Kuningan. Pungkasnya

Sebelumnya, dalam gelaran demonstrasi serta edukasi dan sosialisasi yang dilaksanakan di gedung auditorium SMKN 3 Kuningan tersebut berjalan lancar.

Nampak terlihat Tim dari PSHT Cabang Kuningan memberikan edukasi dan mempertontonkan kemampuan para pesilat dihadapan ratusan siswa SMKN 3 Kuningan.  (RIS/WN)