Journal Gamas

Label


lisensi

Oktober 21, 2022, 21.14 WIB
Last Updated 2022-10-21T14:14:50Z
HeadlineHumanioraMuslim

Bupati Kuningan Hadiri Tabligh Akbar Peringatan Maulid Nabi SAW Dan Hari Santri Nasioanal Di Masjid At-Taqwa

Advertisement


KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-


Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH. MH menghadiri Tabligh Akbar memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2022 M dan dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional yang diadakan di Masjid At-Taqwa Jalaksana dengan menghadirkan Penceramah DR. KH Abbas Billy Yachsie Al-, LC.MA (Pimpinan Ponpes An-Nadwah Buntet Cirebon), Jumat (21/10/2022).


Bukan cuma di Indonesia, tradisi yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam tahun Hijriah itu, juga marak diperingati oleh umat Islam berbagai dunia, karena peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan tradisi yang sudah kental dan memasyarakat di kalangan kaum muslim.


“Secara substansial, perayaan Maulid Nabi adalah sebagai bentuk upaya untuk mengenal akan keteladanan Nabi Muhammad sebagai pembawa ajaran agama Islam,”kata Acep saat memberikan sambutan.


Bupati Acep sangat mengapresiasi pelaksanaan tabligh akbar. Dia meyakini kegiatan tabligh akbar dalam rangkaian peringatan maulid nabi sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional ini akan menambah semangat untuk melakukan berbagai kegiatan keagamaan.


“Bupati Berpesan, Bapak/Ibu sekalian, melalui momen peringatan Maulid Nabi ini mari kita jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan dalam mendidik anak kita agar mengutamakan adab dan akhlak yang baik,”



Ia juga mengatakan semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah rasa cinta umat kepada Rasulullah SAW.


“Semoga dengan adanya kegiatan Tabligh Akbar ini kita mengharapkan ridho Allah SWT dan mudah-mudahan nanti tausiyah yang disampaikan dapat menambah kecintaan kita kepada baginda Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.


Mengenai Hari Santri Bupati Acep mengatakan, santri mempunyai peran yang sangat penting dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Meski tidak lagi mengangkat senjata, peran santri tidak bisa dipandang sebelah mata. Santri merupakan mitra pemerintah dalam menjalankan pembangunan.


Saat itu Acep juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para ulama dan umara, serta seluruh elemen di Kuningan yang selama ini sudah bersatu. Ia menilai, hal itu merupakan sumbangsih yang sangat berharga bagi pemerintah.


Sementara itu, KH Abbas Billy Yachsie dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa dengan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan suatu keharusan, sebab setiap insan beriman harus selalu mempedomani Rasulullah SAW bersama semua ajaran yang ditinggalkannya.



Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bukan sebatas kegiatan seremonial belaka, melainkan untuk dijadikan momen memperingati diri akan pedoman hidup yang diajarkan Rasulullah SAW. Tegasnya. (RIS).