Journal Gamas

Label


lisensi

November 10, 2022, 16.51 WIB
Last Updated 2022-11-10T09:51:51Z
HeadlineHumaniora

Peringati Hari Pahlawan Ke-77, Wabup Ridho : Jadikanlah Semangat Dan Nilai Kepahlawanan Sebagai Langkah Hidup

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda SH., M.Si, membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini, dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77, dihalaman Setda Kabupaten Kuningan, Kamis (10/11/2022) pagi.


Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November dapat dijadikan momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.


“Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” ujar wabup


Wabup mengatakan, saat ini bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukan ancaman dan tantangan yang nyata. Diantaranya, pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih.


“Untuk itu, kita bersama harus berjuang dengan sungguh-sungguh. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Mari kita bergerak dan maju bersama, dengan tekad untuk menang. Sekali merdeka, tetap merdeka,” ucap Wabup.


Lanjut wabup, seluruh rakyat Indonesia harus meneruskan mengembangkan dan memanfaatkan energi baru terbarukan, melakukan pengembangan sumber pangan berbasis potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan. Selain itu, pengelolaan sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air, yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang yang lebih baik.


“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi seluruh bangsa Indonesia, khususnya para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa. Para pahlawan telah memberikan teladan kepada kita, bagaimana berjuang dengan senjata, pemikiran, dan karya-karya nyata. Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi pahlawan bangsa di masa depan,” imbuhnya.


Selesai pelaksanaan Upacara, acara dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Haurduni, yang dipimpin langsung oleh Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, diikuti Forkopimda Kabupaten Kuningan, para Veteran Kemerdekan, para Kepala SKPD dan para pejabat dilingkup Setda Kuningan, para pelajar, serta para undangan lainnya. (RIS)