Journal Gamas

Label


lisensi

November 11, 2022, 06.09 WIB
Last Updated 2022-11-10T23:09:15Z
EksosbudHeadline

Polisi Ajak Pengendara di 3 Titik Jalan Kuningan Mengheningkan Cipta Kenang Jasa Pahlawan

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Satlantas Polres Kuningan menghentikan para pengendara di 3 lokasi, tepatnya pukul 08.15Wib, bukan untuk melakukan razia kendaraan, namun tetapi mengajak para pengguna jalan yang kebetulan melintas berhenti sejenak untuk mengheningkan cipta. Pengendara diminta untuk mendo'akan para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran dalam membela bangsa dan negara Indonesia.


Kegiatan tersebut dilakukan diantaranya di Bundaran Cijoho, di depan Mapolres Kuningan dan depan Kantor Bupati Kuningan, Kamis (10/11/2022).



Sebelumnya, melalui pengeras suara polisi meminta para pengendara mematikan mesin kendaraan selama satu menit.


Baik itu pengendara maupun masyarakat sekitar tampak antusias ikut memberikan penghormatan bendera merah putih dan mengheningkan cipta dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Kegiatan itu juga melibatkan instansi lainnya seperti TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan.


"Ini sebagai bentuk peringatan Hari Pahlawan, makanya kita ajak masyarakat berhenti sejenak, mengingat jasa Para Pahlawan. Dan pada peringatan Hari Pahlawan saat ini mengambil tema Pahlawanku, Panutanku," kata Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Vino Lestari kepada Journalgamas.com



Lanjut Vino menambahkan, kegiatan mengheningkan cipta ini juga diikuti oleh para pejalan kaki yang sedang melintas di tempat tersebut. Tanpa jasa dari para pahlawan terdahulu yang mampu merebut dan mempertahankan kemerdekaan, maka Bangsa Indonesia tidak akan menghirup udara bebas seperti sekarang ini.


"Perlu diingat, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya," ujar Vino.


Sementara itu, sejumlah pengendara mengaku kaget saat kendaraannya diberhentikan oleh polisi. Mereka mengira ada razia namun setelah mengetahui untuk mengheningkan cipta, para pengendara pun mengikutinya.


"Dikira ada razia, ternyata mengheningkan cipta untuk mendo'akan para pahlawan yang telah gugur, ucap salah satu pengendara saat melintas di jalan tersebut, Kegiatan ini sangat bagus dan saya sangat mengapresiasi, saya berdo'a yang terbaik untuk para pahlawan." Pungkasnya (RIS/DUL)