Journal Gamas

Label


lisensi

November 30, 2022, 17.04 WIB
Last Updated 2022-11-30T10:04:14Z
BirokrasiHeadline

Satgas Linmas Dikukuhkan, Acep : perlu adanya kerja sama yang baik antara Satlinmas dan aparat penegak hukum

Advertisement


KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan melalui Satpol PP Kabupaten Kuningan, mengukuhkan Satuan Tugas Linmas (Satgas Linmas) se Kab. Kuningan sekaligus memberikan pelatihan peningkatan SDM Satlinmas.

Pengukuhan Anggota Satuan Tugas Linmas (Satgas Linmas) Kab. Kuningan, digelar di Gedung Wisma Permata. Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H., M.H., menghadiri pengukuhan tersebut sekaligus memberikan arahan pada kegiatan tersebut. Bupati Acep beranggapan, bahwa Linmas mempunyai peran penting dalam membantu berbagai permasalahan di masyarakat, Rabu (30/11/2022).

Acara Pengukuhan dihadiri oleh Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda SH.,M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si, Kepala Satpol PP Kabupaten Kuningan Drs. Agus Basuki, M.S.i, Para Camat se Kabupaten Kuningan, Kasi Trantib Kecamatan se Kabupaten Kuningan dan Para Anggota Satgas Linmas.


Pengukuhan di tandai secara simbolis dengan pemakaian rompi satgas linmas kepada perwakilan camat sebagai penanggung jawab satgas kecamatan serta penyerahan X Banner Standar Operasional Prosedur (SOP) Penatalaksanaan Satgas Linmas kepada Perwakilan Kasi Trantib Kecamatan selaku Kasatgas Kecamatan.


Dalam sambutanya, Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi atas pengukuhan Satlinmas se Kabupaten Kuningan ini, Bupati mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi tugas pokok Satlinmas.


Satuan Linmas dapat membantu aparat keamanan dalam menanggulangi tindak kriminal yang terjadi seperti pencurian, perampokan dan berbagai tindak kriminal yang terjadi di Desa.

”Bantuan sekecil Apapun dalam mewujudkan suatu daerah atau lingkungan tempat tinggal menjadi aman dan nyaman akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di daerah, ”Katanya.

“Tidak lama lagi kita akan melaksanakan Pemilu serentak untuk itu perlu adanya kerja sama yang baik antara Satlinmas dan aparat penegak hukum, ” ujar dia.

Dirinya berharap semoga setelah dilakukan pengukuhan Satlinmas di Kabupaten Kuningan tersebut dapat senantiasa bisa membina masyarakat pada pemilu yang akan datang.

Ia juga mengingatkan pada tim Satlinmas yang telah dikukuhkan agar selalu melaksanakan tugas sesuai tupoksinya dengan penuh rasa tanggung jawab ke depannya.

Sementara Kepala Satpol PP Kabupaten Kuningan Drs. Agus Basuki, M.S.i. melalui Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (LINMAS), Nasrul Helmi mengatakan, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang menjaga kondusifitas di wilayah masing – masing baik Desa maupun kelurahan.


Dikatakannya, sesuai Permendagri 26 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman serta Perlindungan Masyarakat. Dalam Permendagri tersebut Satlinmas melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketentraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum.

“Pembentukan Satgas Linmas ini merupakan langkah awal dalam upaya ke depan terkait pembinaan, peningkatan kapasitas serta peran anggota Satlinmas di Kabupaten Kuningan. Diharapkan nantinya anggota Satlinmas ini dapat mengambil bagian dalam upaya pembinaan, selain membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban umum dan pencegahan bencana serta kebakaran “pesannya

Helmi menegaskan, melalui pengukuhan Satgas Linmas ini yang anggotanya merupakan orang-orang terbaik di bidang nya masing-masing, dengan pengalamannya, dapat mendorong peningkatan kemampuan anggota linmas melalui pembinaan, merubah stigma negatif, mengundang penilaian positif sehingga keberadaan anggota Satlinmas layak diperhitungkan. (RIS/WN)