Journal Gamas

Label


lisensi

Desember 16, 2022, 13.54 WIB
Last Updated 2022-12-18T09:25:32Z
EksosbudHeadline

Bupati Acep Berikan 120 Unit Sepeda Motor Kepada Desa/Kelurahan Dan Kecamatan Yang Target PBB Capai 100%

Advertisement



KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-


Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.,MH Berikan Bantuan 120 Unit Sepeda Motor Sebagai Penghargaan dan Hadiah Kepada Desa/Kelurahan Dan Kecamatan Yang Berhasil Dalam Pemungutan Pengelolaan Administrasi Pajak Bumi Dan Bangunan Sektor Perkotaan Dan Perdesaan (PBB-P2) Tahun 2022, kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Purnama Mulia, Kamis (15/12/2022).

Dalam sambutannya Bupati Acep menyampaikan berkenaan dengan kegiatan ini adalah bahwa apresiasi atau prestasi bukanlah tujuan akhir, namun meningkatnya kesadaran masyarakat selaku wajib pajak serta meningkatnya rasa tanggung jawab dari aparat selaku pengelola pajak itu lebih penting dan lebih diutamakan.


Bupati Kuningan, H. Acep Purnama memberikan apresiasi kepada Bappenda, Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang telah berperan dalam pencapaian penerimaan pajak daerah, khususnya PBB.

“Sesuai dengan janji saya, selaku kepala daerah, saya akan memberikan bantuan kendaraan operasional sepeda motor kepada desa/kelurahan dan kecamatan berdasarkan penilaian tim kabupaten, yang terbaik dari segi teknis, bobot penilaian dan percepatan pelunasan,” kata Bupati Acep.

Dalam kesempatan itu, Ia pun menyerahkan bantuan 120 unit sepeda motor kepada camat, kepala desa dan lurah secara simbolis.

“ Besar harapan saya agar kedepan tingkat kesadaran masyarakat terhadap pemenuhan kewajiban membayar pbb akan jauh lebih baik. suatu kondisi yang sangat ideal apabila masyarakat sudah betul-betul memahami akan kewajibannya termasuk dalam membayar pajak, sehingga peran dan posisi masyarakat tidak hanya sebagai objek tapi juga sekaligus berperan sebagai subjek dalam proses pelaksanaan pembangunan” Harap Acep.

Di tempat yang sama, Kepala Bappenda Kabupaten Kuningan Guruh Irawan Zulkarnaen mengatakan, satu hal yang cukup membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Kuningan, bahwa dalam situasi dan kondisi pandemi, target PBB yang telah ditetapkan dalam APBD Tahun 2022 sebesar Rp. 34,9 milyar, pada minggu keempat bulan November dapat terealisasi 100%.


Menurutnya, hal tersebut menggambarkan tingkat kepatuhan dan ketaatan masyarakat Kuningan secara umum atas kewajiban membayar PBB sangat baik.

“Untuk dimaklumi, bahwa target PBB dalam APBD perubahan tidak mengalami koreksi atau penurunan. Bahkan capaian realisasi PBB diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk capaian akumulasi pajak daerah tahun 2022,” jelasnya.

Keberhasilan tersebut kata Guruh, tentu merupakan kerja keras bersama. Ditopang oleh tingkat kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar PBB.

Bantuan sepeda motor diberikan kepada 20 kecamatan, 97 desa dan 3 kelurahan terbaik dalam percepatan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sektor Perdesaan dan Perkotaan tahun 2022. Salah satu yang terbaik adalah Kelurahan/Kecamatan Kuningan yang mampu mencapai penerimaan 87% dari target Rp.1,2 Miliar. (Angga)