Journal Gamas

Label


lisensi

Desember 15, 2022, 21.15 WIB
Last Updated 2022-12-15T14:15:25Z
BirokrasiHeadline

Bupati Kuningan : Jabatan Fungsional Merupakan Jabatan Strategis

Advertisement


KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-



Di Akhir Tahun 2022, Bupati Kuningan H Acep Purnama,. SH.MH,. Secara resmi melantik 272 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Kuningan, bertempat di Gedung Graha Sajati BKPSDM Kabupaten Kuningan, Jl. Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya, Kamis. (15/12/2022).

Dalam sambutannya Bupati Acep menegaskan, bahwa jabatan fungsional merupakan jabatan strategis, karena jenjang karier pejabat fungsional terbuka luas. Jabatan fungsional berbeda dengan jabatan struktural. Jabatan ini melekat pada profesi, bersifat mandiri dan terukur dengan melakukan penghitungan dan akumulasi setiap butir-butir kegiatan dalam bentuk angka kredit.

“Kenaikan jabatan juga tidak tergantung pada masa kerja tapi menitikberatkan pada angka kredit yang dikumpulkan. Sehingga kenaikan pangkat pejabat fungsional bisa lebih cepat dari pejabat struktural,” jelas bupati.

Dari 272 Pejabat Fungsional yang dilantik dan diambil sumpahnya, Mereka terdiri dari 53 orang hasil pengangkatan pertama sesuai Peraturan BKN No 11 Tahun 2022. Dimana calon PNS setelah diangkat sebagai PNS paling lama 1 tahun harus diangkat dalam jabatan fungsional dengan angka kredit ditetapkan sebesar nol. Terkecuali untuk pengangkatan pertama guru terlebih dahulu harus memiliki seritifikat pendidik.


Kemudian 214 orang yang diangkat dari terpenuhinya angka kredit kumulatif dan persyaratan lain untuk kenaikan jabatan setingkat lebih tinggi dan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Terakhir 5 orang diangkat melalui perpindahan terlebih dahulu harus mengikuti dan lulus uji kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi yang telah disusun oleh instansi pembina. (Angga)