Journal Gamas

Label


lisensi

Januari 06, 2023, 17.46 WIB
Last Updated 2023-01-06T11:08:36Z
EkbisHeadline

Gapoktan Sumber Pangan Desa Pamulihan Bangun dan Upayakan Stabilitas Harga Jual

Advertisement

BREBES | JOURNALGAMAS.COM,-

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)  Sumber Pangan Desa Pamulihan Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, mengupayakan stabilitas harga jual hasil produksi.

Melalui praktik pengolahan hasil pertanian hulu hingga hilir, gapoktan ini mampu memastikan hasil panen anggota kelompok tani ini dapat dinikmati dengan harga perekonomian yang lebih stabil.

Ketua Gapoktan Sumber Pangan, Tanuri menyampaikan, Program yang di jalankan oleh gapoktan sumber pangan yaitu, menyalurkan dan memantau yang membeli pupuk secara kolektif membawahi 16 kelompok serta 17 Kelompok Tani Wanita (KWT), ucapnya saat ditemui Journalgamas.com, Jumat (6/1/2023)


Lanjutnya, untuk produk jenis pupuk sendiri itu ada jenis pupuk urea, dan dalam jangka satu bulan kelompok gapoktan sumber pangan bisa mengeluarkan sebanyak 5000 sak pupuk urea, Ujar Tanuri saat berada di rumah makan Bayem Cibulan

"Kita sudah satu tahun mengembangkan jaringan dari hulu ke hilir dalam pengelolaan pascapanen ini, dan sekarang anggota mendapatkan kepastian harga hasil pertanian yang lebih kompetitif. untuk di tahun 2022 saja kelompok gapoktan sumber pangan mendapatkan penghargaan dari pemkab brebes serta piagam penghargaan sebagai juara 1 unggulan dalam penyaluran pupuk se-jateng" ucapnya

Dan Para petani mendapatkan pendampingan untuk mengoptimalkan lahan dan produktivitas pertanian mereka oleh petugas penyuluh pertanian maupun dari dinas pertanian. Dan Hasil prodak unggulan yang paling dominan yaitu Bawang Merah selanjutnya disalurkan oleh gapoktan hingga ke mancanegara diantaranya Negara India, China, Nepal dan beberapa negara lainya. Pungkasnya. (RIS)