Journal Gamas

Label


lisensi

Januari 16, 2023, 16.03 WIB
Last Updated 2023-01-16T09:12:02Z
HeadlinePendidikan

Pindahnya SDN 17 Kuningan Ke Sekolah Baru, Bupati : Ini Adalah Hari Yang Bersejarah

Advertisement


KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Sesuai rencana Pemkab Kuningan, gedung eks SMA Kosgoro Kuningan akan dilakukan penataan ulang. Relokasi SDN 17 ini sebagai jalan bagi pemkab menata kawasan tersebut, Kini menjadi tanggal yang bersejarah bagi Kepala Sekolah, Guru, Wali murid, Siswa Siswi SDN 17 Kuningan. Karena hari ini gedung SDN 17 Kuningan yang berada di Jalan Aruji Kartawinata mulai ditempati SDN 17. Senin. (16/01/2023)

Sebelum ditempati ratusan siswa siswi SDN 17, bangunan eks SMA Kosgoro diperbaiki Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kuningan yang sudah disediakan oleh Pemkab Kuningan.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama memimpin langsung upacara pagi terakhir di gedung SDN 17 Kuningan, yang diikuti ratusan siswa dan siswi serta pengelola sekolah menggelar upacara terakhir di halaman gedung tersebut, suasana pun menjadi haru menyelimuti upacara. Tak hanya bupati, pihak sekolah juga larut saat bupati memberikan sambutan di hadapan ratusan siswa SDN 17.


Dari sekolah ini sudah banyak menghasilkan anak didik yang sukses. Seperti ada yang menjadi jenderal, pengusaha, dosen dan birokrat. Termasuk dirinya yang alumni SDN 1 Kuningan, tutur Bupati Acep, hari ini cukup bersejarah yang sudah tertoreh di Kuningan. Dulu sebelum bernama SDN 17, sekolah baru ada setelah dua sekolah yakni SDN 1 dan 7 digabungkan.

Dalam sambutanya Bupati Acep menyampaikan, “Termasuk saya ini alumni SDN 1 Kuningan. Sekarang saya menjadi bupati. Tahun 1970 lulus di sini. Jadi banyak kenangan ketika bersekolah di sini. Sekarang atas berbagai pertimbangan, dan juga sebagai kawasan bisnis, lingkungan di sekitar gedung SDN 17 sudah tidak bagus untuk proses kegiatan belajar mengajar anak anak,” ujarnya.

Dikatakan Acep, Atas dasar itu akhirnya pemerintah daerah memutuskan untuk memindahkan SDN 17 ke lokasi yang menunjang kegiatan KBM. Kebetulan ada bangunan yang layak untuk kenyamanan pendidikan anak anak. “Pemerintah daerah Melihat ada bangunan sekolah yang tidak termanfaatkan, namun kondisi gedung cukup strategis, bagus dan luas. Akhirnya dipilih eks SMA Kosgoro sebagai gedung baru SDN 17 Kuningan,”

Lanjutnya, Bupati juga menyampaikan permohonan maaf atas kebijakan yang diambil yakni memindahkan SDN 17 Kuningan. “Kami mohon maaf atas kebijakan ini. Tujuannya untuk kenyamanan selama proses KBM.

Insya Allah ini akan jadi sarana penunjang. Sehingga tidak ada lagi yang jualan di pinggir jalan,” sebut bupati.

Masih kata Acep, Pemindahan sekolah itu agar proses KBM menjadi sehat karena di lokasi yang baru jauh dari keramaian Pasar Kepuh dan arus lalu lintas Jalan Siliwangi.

Sedangkan di lokasi yang baru jauh dari lalu lintas jalan raya (Jalan Aruji Kartawinata) dan lingkungannya lebih nyaman, tenang sehingga sangat mendukung proses KBM yang ideal.

“Maka siswa-siswinya, guru, tenaga kependidikan serta orang tua siswa akan merasa lebih tenang, apalagi bangunan eks SMA Kosgoro lebih dekat dengan pemukiman warga sekitar,” katanya.

Acep berharap, pemindahan sekolah ini menjadi jalan terbaik bagi pendidikan di sekolah tersebut. Di eks SMA Kosgoro ada taman indah, lapangan basket, dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan siswa. “Barangkali dalam beberapa hari harus beradaptasi, saya kira sangat wajar. Nantinya akan terbiasa.

Diawali berdoa bersama untuk perpisahan dan sekarang mendapat tempat belajar yang lebih baik,” pungkas bupati.

“ Saya berharap bahwa pindahnya lokasi belajar ini adik-adik peserta didik tetap semangat untuk belajar. dimana proses belajar mengajar tetap berjalan seperti biasanya. raihlah prestasi yang bisa kalian kejar, jadilah manusia yang memiliki manfaat bagi orang lain dan terus kejar cita-cita kalian” ucap Bupati Acep di depan siswa siswi SDN 17 Kuningan.

Usai upacara, baru dilakukan pelepasan ratusan siswa. Sesuai janji, Bupati Acep bersama pimpinan daerah dan para pejabat pemkab mengirab ratusan siswa ke tempat yang baru dengan berjalan kaki.


Jarak yang ditempuh menuju gedung baru kurang dari satu kilometer. Sekitar pukul 08.45, seluruh siswa, guru dan bupati sampai ke gedung eks SMA Kosgoro yang sekarang berganti nama menjadi SDN 17 Kuningan.

Sesampainya di Lokasi baru terlihat raut muka anak anak SD yang sangat senang di lokasi baru, mereka sangat antusias melihat ruangan-ruangan kelas baru mereka, salah satu siswi SDN 17 bernama Amanda kelas 6B mengaku sangat suka dengan lokasi sekolah yang baru, suasana yang baru, lingkungan yang baru.

“ Amanda sangat senang di tempat yang baru ini, disini amanda bisa lebih fokus untuk belajar, bisa lebih tenang dan nyaman di sekolah” ucapnya dengan raut bahagia mendapati kelas baru di lokasi yang baru.

Sementara itu, salah seorang wali murid mengatakan awal nya ragu dengan kepindahan sekolah lama ke yang baru, ternyata setelah melihat langsung kondisi sekolah nya ternyata sangat menunjang untuk pembelajaran, anak anak akan bisa lebih fokus belajar di sini.

Di akhir sebelum Bupati meninggalkan lokasi, Bupati Acep memberikan secara simbolis Sound Portable untuk di gunakan berbagai keperluan di Sekolah SDN 17 sebagai kenang-kenangan dari Bupati Acep di tandai dengan dibubuhi tanda tangan beliau. (Ris)