Journal Gamas

Label


lisensi

Januari 25, 2023, 15.38 WIB
Last Updated 2023-01-25T08:38:19Z
EksosbudHeadline

Program Sinergi Integritas Pelayanan Publik, Wabup Rido : Tujuan SIPP Adalah Memberikan Kualitas Pelayanan Publik Yang Dekat Dengan Masyarakat.

Advertisement




KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-


Program Sinergi Integrasi Pelayanan Publik (SIPP), yang merupakan program inovasi dari Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam memberikan pelayan publik yang berkualitas, mendapat sambutan positif dari berbagai lapisan masyarakat Kecamatan Ciawigebang.

Dengan melihat tingginya animo masyarakat yang datang, Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si., menyebut, program Sinergi Integritas Pelayanan Publik (SIPP) cukup ampuh dalam memberikan pelayanan publik secara langsung kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, di setiap pelaksanaannya SIPP ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, dibuktikan dengan antusiasnya warga yang hadir dalam program ini untuk mendapatkan pelayanan dari beberapa SKPD. Ini membuktikan bahwa SIPP cukup ampuh dalam memberikan pelayanan publik secara langsung kepada masyarakat,” ujar Wabup Ridho, saat meninjau pelaksanaan program SIPP ke-6 di Balai Desa Ciawigebang, Kecamatan Ciawigebang, Rabu (25/1/2023).


Kemudian Ia mengemukakan, SIPP bertujuan memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik, sehingga negara benar-benar dirasakan hadir di tengah- tengah masyarakat.

“Tujuan SIPP adalah memberikan kualitas pelayanan publik yang dekat dengan masyarakat, sehingga masyarakat merasakan kehadiran negara di tengah-tengah kehidupannya. Juga mengidentifikasi secara langsung setiap permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga arah kebijakan dapat ditentukan dengan sebaik-baiknya,” ujar Wabup.

Masih dikatakan Wabup, Kuningan SIPP merupakan sebuah program inovasi pelayanan publik dari Pemerintah Kabupaten Kuningan. Dimana dalam pelaksanaannya, sejumlah SKPD bersama-sama melakukan pelayanan publik secara jemput bola kepada masyarakat.

“Pada kegiatan SIPP ini, bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan (Adminduk) seperti KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan sebagainya, dapat dengan mudah ditangani langsung oleh Disdukcapil. Kemudian yang berhubungan dengan usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM), ada Diskopdagperin. Atau yang membutuhkan kemudahan perizinan akan ditangani langsung DPMPTSP,” terang Wabup.

Ditempat yang sama Kepala DPMPTSP Kabupaten Kuningan, Drs. Agus Sadeli, M.Pd, menambahkan, “Kami menginisiasi kegiatan Kuningan SIPP ini yang pada kami lakukan pelayanan saba desa, pemohon misalnya akan membuat NIB ada kendala urusan capil, kependudukannya atau lainnya. Selain itu, terdapat SKPD lain yang terlibat dalam SIPP, Diskominfo, Dinas Sosial, BPBD, DPPKBP3A, Dinas Kesehatan, Bappenda, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kantor Pertanahan, PMI, serta sejumlah lembaga swasta lainnya,” tambahnya.

Dikatakan Camat Ciawigebang, Muhamad Solihin, S.Sos., M.Si. menerangkan, sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, Respon dari masyarakat dengan adanya layanan terpadu ini sangat banyak yang hadir. Dibuktikan dengan kondisi saat ini dipusatkan di Desa Ciawi.

“Kondisi ini sangat dimanfaatkan masyarakat, karena berbagai pelayanan dari 13 SKPD itu bertumpuk saat ini. Sehingga saya menyampaikan kepada Kepala Desa agar masyarakat betul-betul memanfaatkan kegiatan pelayanan,” jelasnya.

Selanjutnya salah satu warga desa ciawigebang bernama juju juhana (51) mengucapkan, terimakasih kepada pemerintahan kabupaten kuningan dan pemerintahan desa ciawigebang yang telah mengadakan pelayanan gratis untuk masyarakat, alhamdulillah, kami merasa terbantu dengan adanya pelayanan gratis ini, jadi kita tidak perlu jauh-jauh membuat KK Ktp dan lain sebagainya, sekali lagi kami ucapkan banyak terimakasih.



(Ris)