Journal Gamas

Label


lisensi

Juni 30, 2023, 09.39 WIB
Last Updated 2023-06-30T04:05:37Z
EksosbudHeadline

Desa Sukaimut Kecamatan Garawangi, Gelar Jumat Bersih Sebagai Agenda Rutin, Kades Uka: Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Pepatah lama mengatakan bahwa “kebersihan Sebagian dari iman” dan “Bersih pangkal sehat”, maka dari itu kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Mengusung program “Jumat Bersih”, seperti halnya yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sukaimut Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan, melaksanakan jumat bersih dengan saling bergotong royong membersihkan jalan lingkungan khususnya di area jalan desa. Pada Jumat. (30/06/2023).

Saat dikonfirmasi Kepala Desa Sukaimut, Uka Sukarno, mengatakan, Kebetulan Desa kami ada 5 Dusun, jadi kalau Jumat pahing, warga dusun pahing yang melaksanakan jumat bersih, Jumat Wage warga dusun Wage, Jumat Pon ya dusun puhun, Jumat legi warga dusun Manis, begitu juga Jumat Kliwon warga dusun Kliwon dan dibantu oleh kepala dusun masing masing, itupun sudah menjadi agenda rutin kami. Ujarnya.

Dikatakan Uka, Kegiatan Jumat Bersih ini diawali dengan pembagian tugas perdusun dan seluruh perangkat desa yang terlibat. Dengan antusias, Perangkat desa  dan warga langsung mengerjakan tugasnya, masing-masing ada yang merapikan rumput dan tumbuhan liar, membuang sampah, merapikan ranting pohon yang menutupi jarak pandang mata, sebagian ada yang menyapu daun-daun kering yang berguguran. Katanya.

Lanjutnya, Uka menjelaskan, bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa gotong royong dan kerjasama agar terciptanya Desa Sukaimut yang bersih, asri dan indah. “Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, oleh karena itu kita semua hari ini melaksanakan pembersihan lingkungan dan jalan desa agar tercipta suasana dan kondisi yang rapi, bersih dan nyaman dilihat”, ujarnya.

Kegiatan jumat bersih ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi seluruh masyarakat agar selalu peduli terhadap kebersihan lingkungan. Pungkasnya.



(Moris)