Journal Gamas

Label


lisensi

Juni 20, 2023, 19.05 WIB
Last Updated 2023-06-20T12:15:40Z
EkbisHeadline

Dinas Kopdagperin Gelar Pelatihan Perkoprasian Dengan Mengusung Tema, "Koperasi Keren dan Modern, UMKM Naik Kelas"

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Perindustrian (Dinas Kopdagperin) Kabupaten Kuningan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Perkoperasian, Kewirausahaan dan Digitalisasi Koperasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. membuka langsung pelatihan tersebut. Pelatihan ini merupakan bagian dari program Pemberdayaan Peningkatan Produktivitas, Nilai Tambah, Akses Pasar, Akses Pembiayaan, Penguatan Kelembagaan, Penataan Manajemen, Standarisasi, dan Restrukturisasi Usaha Koperasi dan UMKM. Acara digelar di Grage Sangkan Hotel pada Selasa. (20/06/2023).

Hadir dalam Pelatihan tersebut, pejabat dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia serta Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat. Selain itu, 13 tenaga pengajar dari kalangan akademisi dan praktisi profesional juga turut memberikan materi pelatihan kepada peserta.

Pelatihan ini telah terbagi menjadi empat jenis, yakni pelatihan perkoperasian, kewirausahaan, keterampilan teknis (vocational)/kemasan, dan teknologi informasi/digitalisasi UMKM, sebanyak 90 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kuningan dilibatkan. Mereka terdiri dari unsur pengurus dan anggota koperasi yang memiliki unit usaha di wilayah tersebut.

Sementara Kepala Dinas Kopdagperin Kabupaten Kuningan, U. Kusmana, S.Sos, M.Si, menyampaikan, pelatihan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan koperasi serta UMKM. Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan usaha mereka, meningkatkan nilai tambah produk, mengakses pasar dengan lebih baik, mendapatkan akses pembiayaan yang lebih mudah, serta memperkuat kelembagaan dan manajemen usaha.

“Penyelenggaraan Pelatihan ini merupakan program untuk Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (PK2UMK) Dana Alokasi Khusus (Dak) Non Fisik Kegiatan Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi Kabupaten Kuningan,” katanya.

Menurutnya, dengan mengusung Tema “Koperasi Keren dan Modern, UMKM Naik Kelas” sebagai upaya Koperasi dan Wirakoperasi untuk Siap merevitalisasi Koperasi, mendorong Penerapan Akuntabilitas dan Kesehatan Koperasi melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT), menggiatkan kembali tata kelola manajemen koperasi yang patuh regulasi sehingga menjawab tantangan keberadaan koperasi sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Entrepreneur upgrading yang merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam aktivitas kewirausahaan untuk melahirkan kreativitas, inovasi dan invensi yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Dan Literasi digital dan bentuk pemanfaatan media digital guna mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan Big data melalui AI (Artificial Intelligence) dengan komponen manusia (penggunanya) untuk mendukung komitmen Dinas bersama seluruh Gerakan Koperasi di Kabupaten Kuningan melalui “Gerakan Berkoperasi MAJU menuju Digital Management” sejak 25 Agustus 2021 yang telah lalu,” jelasnya.

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Kuningan, Dr . Dian Rachmat Yanuar, M.Si yang mewakili Bupati Kuningan, menyampaikan pentingnya peran koperasi sebagai alternatif rasional dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Ia juga mengajak para peserta untuk mengikuti Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dan masyarakat. Dan mengimbau UMKM untuk bergabung dengan koperasi guna memperluas pasar dan akses permodalan.

Sekda berharap, melalui pelatihan ini, koperasi dan UMKM di Kabupaten Kuningan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lembaga yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Dengan adopsi teknologi dan kolaborasi yang baik, diharapkan koperasi dan UMKM dapat menjadi lebih modern dan mampu bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif. Pungkasnya.



(Moris/Idos)