Journal Gamas

Label


lisensi

Juni 09, 2023, 09.13 WIB
Last Updated 2023-06-09T02:13:11Z
HeadlineWisata

Duta Bumdes : Libatkanlah Desa Penyangga Waduk Darma dalam Pengelolaan Obyek wisata

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Pemprov jabar saat ini mengelola Obyek Wisata Waduk Darma, yang sebelumnya oleh Pemda Kuningan yang dikelola PDAU, namun setelah revitalisasi obyek wisata waduk darma yang di tangani pemprov jabar dan di percayakan kepada PT Jaswita serta mengamanatkan kepercayaan tersebut ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mekar Jaya Desa Jagara.

Hal ini disampaikan Dani selaku Duta Besar Bumdes Kabupaten Kuningan, bahwa hal ini luar biasa sekali karena karena desa desa penyangga obyek wisata waduk darma khususnya yang ada di kecamatan Darma tidak dilibatkan, ucap Dani kepada awak media dikantor Bumdesma Kecamatan Darma. Rabu. (7/06/2023).

Dani yang didampingi Ketua Bumdesma Kecamatan mengatakan, yang ikut di sana itu bukan hanya orang jagara ada keterlibatan orang orang seperti orang Desa Darma , Cipasung dan lain sebagainya, karena aset obyek wisata itu bukan hanya milik desa Jagara saja, ujar dani.

Ia merasa heran informasi yang beredar di luar sana, bahwa Bumdes Mekar Jaya Desa Jagara lah yang mengelola obyek wisata waduk darma tersebut, bahkan sampai saat ini pihaknya belum tahu dan melihat kejelasan surat kontrak tersebut seperti apa, sampai kita mencari informasi kebenaran tersebut ke pihak Jaswita bahwa kontrak itu tidak ada, terang dani.

Masih kata dani, kami pernah mencari kebenaran tersebut terkait kontrak pengelolaan tersebut dengan Bumdes Jagara, namun tetapi tidak ada surat kontrak yang ada hanya SK atau surat perintah untuk perorangan bukan atas nama lembaga, dan itupun dengan waktu hanya berjangka dua bulan.

Lanjutnya dani, pernah meminta waktu untuk diskusi terkait kemelut tersebut, namun sampai saat ini dani belum berhasil untuk ngobrol dengan kepala desa jagara bahkan dirinya mengaku menunggu sampai dua jam untuk bisa ngobrol dengan kepala desa jagara, namun apalah daya pak kades tidak datang juga.

Dani berharap masyarakat di sekitar waduk Darma jangan di pandang sebelah mata, serta desa desa penyangga juga harus ikut dilibatkan. Tandasnya.


(Moris)