Journal Gamas

Label


lisensi

Juni 20, 2023, 09.29 WIB
Last Updated 2023-06-20T02:29:21Z
HeadlinePendidikan

SMPN 1 Luragung Gelar Perpisahan Study Tour Ke Yogyakarta Dengan Mengusung Tema, "Kejar Cita Cita Raih Prestasi Sukses Masa Depan"

Advertisement





KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Beberapa hari terakhir merupakan masa-masa perpisahan siswa yang hendak lulus sekolah, baik di tingkat SMP maupun SMA sederajat. Salah satu diantaranya SMPN 1 Luragung Kabupaten Kuningan Dalam mengisi acara perpisahan siswa-siswinya kelas IX atau kelas tiga, pihak sekolah mengadakan acara Wisata Pendidikan study banding ke SMPN 2 Yogyakarta, lalu berkunjung ke Monjali, Candi Prambanan, Monumen Merapi, Gunung Kidul. Acara digelar di Hotel merapi merbabu yogyakarta jawa tengah. usai study banding dilanjut ke acara puncak, yaitu pelepasan Siswa dan Siswi SMPN 1 Luragung Kabupaten Kuningan. Pada Minggu. (18/06/2023) Malam.

Rangkaian acara perpisahaan biasanya dibuka dan ditutup dengan doa, baik untuk acara perpisahan sekolah jenjang SD, SMP maupun SMA/SMK.

Saat dikonfirmasi, Kepala Sekolah SMPN 1 Luragung, Aan Sutisna, M.Pd, menyampaikan, dari 279 Siswa siswi yang mengikuti perpisahan sebanyak 213 siswa dan dinyatakan lulus semua selanjutnya siswa dan siswi kelas IX SMPN 1 Luragung akan mengikuti jenjang lebih tinggi yakni ke tingkat SMA sederajat.

Aan Sutisna, M.Pd, mengatakan, izin bagi sekolah untuk menggelar kegiatan seperti wisuda, perpisahan, dan study tour di luar sekolah bertujuan untuk memulihkan ekonomi daerah setelah pandemi Covid-19 seiring kasus positif setempat mulai melandai.


"Kita mengupayakan bagaimana sekolah mendukung pemulihan ekonomi daerah dengan kegiatan-kegiatan tersebut," katanya.

Menurut Aan, banyaknya pihak termasuk siswa yang jenuh karena pandemi Covid-19 juga menjadi pertimbangan lain untuk mengizinkan sekolah mengadakan kegiatan di luar sekolah seperti study tour. Selain itu juga, Pelepasan di luar sekolah memberikan dampak luar biasa karena dengan satu kali biaya dua kegiatan terlaksana, dengan kegiatan Pelepasan di luar sekolah dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada para siswa sehingga minimal jika terjun ke masyarakat dengan mudah bisa beradaptasi dengan masyarakat dimana dia berada. Ungkap Aan.

Kami berharap seluruh siswa bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, supaya mudah untuk mencari pekerjaan dimasa yang akan datang




(Moris)