Journal Gamas

Label


lisensi

Juli 18, 2023, 22.06 WIB
Last Updated 2023-07-18T15:06:26Z
HeadlineMuslim

Sambut 1 Muharram, Warga Desa Susukan Gelar Pawai Obor dan Do'a Bersama, Ustad Abdurahman : Ada 3 Keutamaan di Bulan Muharram

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Jelang bulan Muharram, masyarakat Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan, melakukan berbagai tradisi Salah satunya tradisi yang dilakukan setiap 1 Muharram adalah pawai obor, Pawai ini dilakukan oleh iring-iringan anak - anak, remaja hingga dewasa dengan membawa obor yang mengenakan pakaian muslim.

Ternyata, ada alasan dibalik penyambutan luar biasa ini, yakni karena bulan Muharram menyimpan keistimewaannya. Mulai dari alasan penetapannya, hingga amalan yang bisa dilakukan.

Menurut penjelasan Ustad Abdurahman, mengenai tradisi dan sejarah pawai obor 1 Muharram serta keutamaan bulan Muharram. Muharram bermakna terlarang, yang artinya dalam bulan ini haram untuk memulai peperangan dan pertumpahan darah, Pawai Obor Menyambut Tahun Baru islam ( 1 Muharram 1445 H ), itu sudah tradisi umat Islam sebagai Bentuk Syi'ar islam. Budaya yang baik dan Harus di Jaga serta di Lestarikan, ucap Ustad Abdurahman kepada Journalgamas.Com. Selasa. (18/7/2023) malam.


"Ada 3 keutamaan di bulan muharram ini diantaranya, Bulan Mulia, Nama Allah, dan Puasa Sunnah" ujarnya

Selama kegiatan pawai Obor 1 Muharram, shalawat dan pujian kepada Allah SWT akan dilantunkan bersama-sama untuk menunjukkan rasa syukur. Ucapnya.

Sementara Kepala Desa Susukan Toto Ciptarasa mengatakan moment tahun baru islam ini merupakan bentuk kekuatan agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Mari kita isi moment penuh berkah ini dengan muhasabah agar kita mempunyai kekuatan menjadi pribadi yang lebih baik, dengan menjauhi segala larangannya," ajaknya.

Toto berharap, kepada seluruh elemen masyarakat desa susukan agar terus mendoakan pemerintah desa susukan agar menjadi Desa yang dapat mensejahterakan masyarakatnya.

Usai kegiatan pawai Obor para peserta melaksanakan ibadah shalat isya berjamaah dan di lanjut ke acara Istighosah ,dzikir dan Do'a bersama Memohon ampunan Allah, memohon Kebaikan untuk agama, bangsa dan Negara, serta memohon Kebaikan dunia dan Akherat.

Setelah Itu di lanjutkan acara makan bersama, seperti yang di ajarkan Oleh Rasulullah Saw, makanlah kalian Bersama-sama dan bacalah bismillah, maka Allah SWT akan memberikan Keberkahan pada kalian semua. Amin. Pungkasnya.




(Moris)