Journal Gamas

Label


lisensi

Juli 14, 2024, 10.19 WIB
Last Updated 2024-07-14T03:19:45Z
HeadlineIstighosah

Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam di Waduk Darma, Sekda Dian: Kegiatan Ini Sebagai Momentum Untuk Memperkuat Semangat Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Wisata Waduk Darma Kuningan menjadi lokasi berlangsungnya Istighosah Akbar dan Santunan Anak Yatim dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H serta Haul Auliya Darma ke-8, pada Sabtu malam, (13/7/2024)

Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, yang hadir mewakili PJ Bupati Kuningan, menyampaikan salam dari PJ Bupati. Dalam sambutannya, Sekda Dian mengatakan pentingnya kegiatan ini sebagai momentum untuk memperkuat semangat Amar ma’ruf nahi munkar.

“Sekaligus sebagai refleksi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, yang menandakan perubahan menuju kebaikan. Perayaan Tahun Baru Islam ini bukan hanya simbolik, tetapi mengandung makna spiritual untuk perubahan yang lebih baik,” ungkapnya.


Sekda Dian mengapresiasi sinergitas antar berbagai pihak di Kecamatan Darma yang telah berkontribusi pada pembangunan yang semakin baik, dimana perubahan di Kecamatan Darma yang begitu signifikan.

Untuk Gerakan santunan anak yatim, Sekda menuturkan, bahwa gerakan ini menunjukan kepedulian, rasa empati, simpati dan gotong royong yang masih terjaga di Kecamatan Darma. Ini adalah modal dasar untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan bagi masyarakat yang dibangun dengan kebersamaan.

Selain itu, Sekda mengucapkan terima kasih kepada para Ajengan, Kyai dan Ulama yang telah membimbing masyarakat, terutama dalam pembentukan karakter dan nasehat-nasehat yang berharga dalam menata kehidupan untuk keselamatan dunia dan akhirat.

Lebih lanjut Kepala Desa Jagara, Umar Hidayat, mengungkapkan rasa syukur atas keberkahan acara ini bagi semuanya. Ia juga menyambut kedatangan Pak KH. Ahmad Sobri Lubis dari Pimpinan Pondok Pesantren An-Nur Bogor dan Habib Novel Alatos pimpinan dari Pontren Winduhaji untuk memberikan tausyiah.

“Semoga acara ini menjadi wasilah bagi kita semua untuk memperoleh keberkahan. Semoga kehadiran Bapak Ibu sekalian menjadi ibadah kepada Allah SWT,” ujar Umar Hidayat. Dia menambahkan bahwa acara ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Permata Kecamatan Darma yang dipimpin oleh Kang Ustad Lukman, sekarang sudah berlangsung ke 8 tahun.

“Tahun ini, lokasi acara berada di Desa Jagara, berharap membawa manfaat khususnya bagi warga Desa Jagara dan umumnya warga Kecamatan Darma serta Kabupaten Kuningan,” jelasnya.

Acara satuan anak yatim diberikan bagi desa wilayah kecamatan, dilanjutkan dengan doa bersama yang dipanjatkan oleh para ulama, berharap agar seluruh masyarakat Kecamatan Darma dan Kabupaten Kuningan senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Doa dan harapan disampaikan, Umar agar acara seperti ini dapat terus dilestarikan dan dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan, penghormatan kepada para sesepuh dan mendapat keberkahan bagi semuanya, termasuk tempat berlangsungnya acara Waduk Darma


(Moris)