Journal Gamas

Label


lisensi

Juli 25, 2024, 07.38 WIB
Last Updated 2024-07-25T00:38:49Z
EkbisHeadline

Kuningan Jadi Tuan Rumah Gelaran Ciayumajakuning Entrepreneur Festival Ke 9

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

Pesona Kuningan sebagai tulang punggung wisata di Ciayumajakuning, dilirik oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon dengan menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah gelaran Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF) ke 9, yang akan berlangsung di Taman Kota Kuningan mulai Jumat hingga Minggu 26-Juli 2024

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Himawan Putranto mengatakan, pihaknya sengaja menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah lantaran pesona Kuningan sebagai tulang punggung wisata di Ciayumajakuning mulai terlihat dalam beberapa tahun terakhir.

“Kuningan ini lagi naik daun di Ciayumajakuning, sehingga kami sengaja menunjuk Kuningan sebagai tuan rumah. Dan CEF 2024 juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2024 dan Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2024,” ungkap Himawan, pada Rabu (24 /7/2024)


“Selain itu, keterlibatan pemerintah daerah dan stakeholder dari wilayah lain akan intensif dilakukan untuk mempromosikan pariwisata, UMKM, ketahanan pangan, ekonomi dan keuangan digital, green economy, serta ekonomi dan keuangan inklusif, termasuk ekonomi syariah,” terangnya.

Himawan menjelaskan gelaran ini bertujuan juga untuk mendukung bauran kebijakan, seperti pengendalian inflasi, pertumbuhan ekonomi daerah yang berkelanjutan, integrasi ekonomi dan keuangan inklusif (termasuk syariah), ekonomi dan keuangan digital, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia Aja serta program strategis Pemerintah Daerah.

Menurutnya, gelaran CEF ke 9 “Ciayumajakuning beu” mengambil tema Akselerasi Ekonomi dan Keuangan Yang Masif, Digital, Inklusif dan Hijau”. Sebelumnya, gelaran Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF) selama delapan kali berturut-turut di selenggarakan di Kota Cirebon dan baru kali ini di selenggarakan di Kabupaten Kuningan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kuningan, Deden Kurniawan Sopandi, A.Ks.,M.Si, selaku ketua II gelaran CEF ke 9 menyebutkan, sebanyak 114 UMKM dari wilayah kerja Bank Indonesia Cirebon akan terlibat dalam kegiatan CEF yang digelar untuk menumbuhkan ekonomi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Ciayumajakuning, kegiatan ini akan berlangsung di Taman Kota.

“Gelaran Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF) ke 9 dapat mempromosikan pariwisata dan kegiatan strategis di Kabupaten Kuningan, dengan perluasan wilayah ke Ciayumajakuning,” harapnya.

Deden mengatakan, kegiatan CEF akan diisi dengan berbagai agenda menarik. Dimulai hari pertama dengan talkshow pembayaran digital, Islam Voice Competition, tarian talent lokal dan opening ceremony.

Dihari kedua, Deden mengatakan, adalah kegiatan story telling PUR, sosialisasi ekonomi syariah, manual brew & coffee talk dan lomba fashion show (wastra daerah) dari pimpinan daerah se-Ciayumajakuning. Selanjutnya, artis ibukota Tiara Andini akan memeriah di puncak acara pada Minggu malam. “Mari kita sukseskan dengan turut serta hadir dan menyaksikan “Ciayumajakuning Beu” hanya di Taman Kota Kuningan,” ajaknya.


(Moris)