Journal Gamas

Label


lisensi

Juli 01, 2024, 11.02 WIB
Last Updated 2024-07-01T04:02:38Z
HeadlinePendidikan

SDN 1 Jalaksana Gelar Perpisahan Siswa Kelas VI dan Purnabakti Dua Guru

Advertisement

KUNINGAN | JOURNALGAMAS.COM,-

SDN 1 Jalaksana baru saja menggelar acara perpisahan siswa kelas VI tahun pelajaran 2023/2024 sekaligus acara purnabakti (Pensiun) untuk dua guru yaitu Ibu Titi Sumiati, S.Pd dan Ibu Hj. Yayah Kustiah, S.Pd. Acara yang dilaksanakan di halaman sekolah SDN 1 Jalaksana Rabu (26/6/2024)

Diketahui hadir beberapa tamu seperti, Ketua K3S Kecamatan Jalaksana, Korwil bidik Kecamatan Jalaksana, Komite SDN 1 Jalaksana dan Ketua PGRI yang diwakili oleh Kepala Sekolah SDN 4 Jalaksana, dan Kepala Desa Jalaksana.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci al-qur’an yang dilantunkan oleh salah satu siswi kelas II, dilanjutkan dengan membaca do’a bersama yang dipimpin oleh salah satu guru, lalu upacara adat sunda, juga ada beberapa rangkaian acara inti, sambutan-sambutan, pentas seni, pemberian cendera mata dan terakhir ada acara ramah tamah antara murid kelas VI, guru dan orangtua murid.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai penampilan kreatif dari murid kelas I-VI, seperti tari-tarian, penampilan angklung, pianika, pantomim, ada juga yang menampilkan puisi dan nyanyian. SDN 1 Jalaksana menunjukkan selain menjadi tempat menuntut ilmu, juga dapat menjadi pusat kegiatan yang mendukung bakat dan kreativitas siswa, serta memperkuat ikatan antara semua pihak yang terlibat dalam pendidikan.

Kepala SDN 1 Jalaksana, Ibu Hj. Idah dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini adalah momen penting untuk pelepasan kelas VI. “ acara perpisahan dan purnabakti ini juga bertujuan untuk menciptakan hubungan baik antara kepala sekolah, guru, siswa-siswi dan wali murid. Untuk tahun ini sebanyak 65 anak Alhamdulillah lulus 100%. Pesan dari ibu, jangan lupa dimanapun anak-anakku berada tetap jaga nama baik SDN 1 Jalaksana. Dan untuk teman teman seperjuanganku Ibu Titi dan Ibu Hj. Yayah terimakasih atas pengabdiannya selama ini di SDN 1 Jalaksana, selamat beristirahat dan semoga sehat selalu.” katanya.

Ditempat yang sama Komite SDN 1 Jalaksana juga mengucapkan, banyak terima kasih kepada bapak ibu guru yang telah mendidik putra putri kami selama 6 tahun. “ tak terasa, rasanya baru kemarin kami menitipkan putra putri kami di sekolah ini, pada hari ini putra putri kami sudah dilepas dan akan melanjutkan perjalanan dalam menempuh pendidikannya. Harapan dari kami semoga apa yang disampaikan oleh Ibu kepala sekolah dapat diterapkan oleh putra putri kami nantinya, semoga kelak mereka bisa mengharumkan nama baik sekolah ini”.

Secara keseluruhan, kegiatan perpisahan dan purnabakti ini bukan hanya menjadi momen berharga bagi para guru dan siswa, melainkan menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara sekolah dan sekitarnya.

Disampaikan ketua PGRI, yang diwakilkan oleh Kepala Sekolah SDN 4 Jalaksana “Alhamdulillah rangkaian kegiatan hari ini sudah selesai dan berjalan lancar, saya ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas nama dinas pendidikan dan kebudayaan kepada sekolah karena telah menyelesaikan program sekolah di tahun ajaran 2023/2024. Selama 1 tahun ini, SDN 1 banyak menorehkan prestasi di tingkat kecamatan maupun kabupaten. Kepada kelas VI, selamat melanjutkan perjalanan pendidikan karena perjalanannya masih panjang.”

Acara yang berlangsung dengan penuh khidmat dan haru ini ditutup dengan bersalaman antara murid guru dan orang tua, diiringi dengan shalawat dan terdengar isak tangis orangtua guru dan siswa yang menunjukkan kedekatan emosional antara mereka. Acara yang berlangsung di halaman sekolah ini terlaksana dengan lancar berkat dukungan penuh dari berbagai pihak yang terlibat.


(Moris/Dedi)